Tips Membuat Citra Perusahaan Makin Cantik

Related image

konsultan pr jakarta - Jasa perusahaan konsultan pemasaran dan humas, atau bhs kerennya public relation (PR) agency, saat ini memang banyak digunakan beberapa entrepreneur. Perusahaan besar yang telah memiliki divisi pemasaran dan divisi humas sendiri pun banyak yang tetaplah memakai jasa konsultan pemasaran dan humas ini.

Coca-Cola misalnya, sering menyewa jasa konsultan pemasaran dan humas untuk mempromosikan produknya. “Kami memakai jasa Maverick” tutur Toni Darusman, Manajer Pemasaran Coca-Cola Indonesia.

Contoh beda adalah Orang Tua Group. Manajer Hubungan Orang-orang Orang Tua Group Yuna Eka Kristina mengungkap, grup usaha minuman dan makanan ini memakai jasa PR agency untuk kerjakan sekitar 50% pekerjaan pemasaran dan kehumasan. Tanggungjawab bekasnya ditangani sendiri oleh divisi humas dan pemasar-an di perusahaan.

Perusahaan otomotif PT Toyota Astra Motor juga memakai jasa perusahaan konsultan PR agency untuk menggerakkan peranannya jadi agen tunggal pemegang merk (ATPM) mobil Toyota di Indonesia. “Meski tidaklah terlalu sering, tapi kehadiran mereka tetaplah kami perlukan” tutur Rouli Sijabat, Kepala Komunikasi Pemasaran PT Toyota Astra Motor.

Diperlukan karena SDM terbatas 

Pengamat pemasaran Handito Joewono menilainya kalau pemakaian jasa konsultan pemasaran dan humas terakhir memang bertambah. Hanya saja, ia lihat ada beberapa perusahaan yang memakai jasa PR agency hanya karena latah. “Pasokan penyedia jasa konsultan pemasaran dan humas ini bertambah, hingga perusahaan yang semula tidak memakai jadi ikutan memakai” papar pengamat dari perusahaan konsultan pemasaran Arrbey ini.

Meskipun demikian, Handito melihat kehadiran perusahaan konsultan pemasaran dan humas memang diperlukan oleh beberapa perusahaan yang ingin mengenalkan product atau menambah pamor merk di dalam orang-orang. Sebab, sering perusahaan-perusahaan itu tidak memiliki tenaga yang cukup untuk beraktivitas promosi dan pemasaran.

Terbatasnya sumber daya manusia (SDM) ini kadang-kadang dapat buat aktivitas promosi dan pemasaran tidak efisien. Diluar itu, bila SDM internal di perusahaan itu masih tetap baru dalam soal promosi dan pemasaran, sebaiknya perusahaan memakai jasa konsultan pemasaran dan humas. “Karena beberapa PR agency biasanya lebih memiliki pengalaman dalam menangani masalah yang kompleks” tutur Handito.

Biasanya, keperluan juga akan jasa konsultan pemasaran dan humas keluar saat sebuah perusahaan berupaya membuat imaji tertentu untuk product atau mereknya. Misalnya, ketika sebuah perusahaan meluncurkan suatu product baru atau memiliki logo baru dan melakukan perubahan nama perusahaan.

Untuk menolong mengenalkan product, logo, atau nama perusahaan baru itu, perusahaan dapat menyewa jasa konsultan pemasaran dan humas. Keperluan juga akan jasa konsultan pemasaran dan humas juga keluar saat citra perusahaan atau salah satu produknya terserang krisis pencitraan.
Konsultan pemasaran dan humas sendiri menggerakkan pekerjaan dengan dua cara. Pertama, mereka juga akan pro aktif dan ikut serta segera dalam aktivitas pemasaran dan kehumasan. Ke-2, mereka tidak turun segera melakukan aktivitas pemasaran. “Mereka memberi inspirasi dan penambahan pengalaman” terang Handito.

Sering lebih objektif 

Konsultan pemasaran dan humas sering dapat lihat potensi yang malah tidak dapat diliat perusahaan. Diluar itu, Deputi Manajer Umum Pemasaran Suzuki Mobil Edi Darmawan mengungkap, konsultan pemasaran dan humas dapat jadi perpanjangan tangan perusahaan dalam berhubungan dengan orang luar. “Sebagai orang luar, mereka dapat meraba apa yang diperlukan perusahaan untuk menambah citra” terang Edi.

Suzuki sendiri lebih banyak memakai jasa konsultan PR agency untuk melakukan pencitraan untuk perusahaan ataupun produknya. Menurut Edi, jika Suzuki meluncurkan sebuah product, mereka dapat dengan sigap memberi pesan pada khalayak tentang product itu.

Bukan hanya perusahaan penjual product yang memerlukan konsultan PR. Perusahaan penyedia jasa seperti Indika Production pun memerlukan jasa konsultan pemasaran dan humas untuk membuat citra di orang-orang.

Menurut Presiden Direktur Indika Production Marcia Rahardjo, konsultan pemasaran dan humas berikan banyak input, terlebih tentang perbaikan imaji perusahaan. Biasanya juga konsultan PR telah memiliki jaringan media yang luas, hingga dapat menjembatani penyampaian info pada orang-orang tentang apa yang dilakukan perusahaan.

Hanya untuk project tertentu 

Walau memakai jasa konsultan pemasaran dan humas, tidak bermakna perusahaan seutuhnya memberi pekerjaan pemasaran dan kehumasan pada PR agency. Seringkali pada perusahaan dan konsultan humas sharing pekerjaan.

Toyota biasanya memakai jasa PR agency dalam moment bertaraf besar, misalnya Indonesia International Motor Show (IIMS) yang berjalan satu tahun sekali. Maklum, Toyota merasa kerepotan bila harus mengurusi sendiri persiapan untuk moment sebesar itu.
Diluar itu, Toyota memakai jasa konsultan PR untuk menebarkan nilai-nilai positif perusahaan. Misalnya dalam mengemukakan hasil aktivitas corporate social responsibility perusahaan. “PR agency memberi anjuran dan beberapa inspirasi kreatif dan mengemas kiat penebaran info dengan baik pada publik” tandas Rouli.

Dalam menggerakkan tugasnya, PR agency juga berada dibawah komando divisi humas internal perusahaan. Garis komando ini tetaplah lumrah. Bagaimana pun orang dalam perusahaan-lah yang paling tahu tujuan apa yang perlu diraih dalam satu aktivitas promosi dan pemasaran product.

Sudah pasti, perusahaan-perusahaan itu tidak sembarang memilih konsultan pemasaran. Sebab, setiap korporasi harus membagi beberapa rahasia perusahaan dengan si konsultan. Automatis, perusahaan juga akan menilainya apakah si konsultan itu dapat diakui atau tidak.
Beberapa perusahaan penyewa jasa konsultan juga akan mengevaluasi kemampuan PR agency dengan teratur. Suzuki jadi contoh, mengevaluasi kemampuan PR agency sebagai mitranya setiap satu tahun sekali.

Memang, beberapa penyewa jasa konsultan konsultan PR itu tidak segera nikmati penambahan hasil penjualan. Hanya saja, Rouli katakan, pemakaian jasa konsultan pemasaran dan humas buat pencitraan suatu merk atau product lebih efisien. Hal semacam ini dapat menolong perusahaan memberikan keyakinan customer untuk memakai product atau jasanya.

Lihat juga : konsultan public relations

0 komentar: