Elemen Dasar Kampanye Produk Yang Sukses

Related image

Pasarkan produk tidak cuma mengenai kampanye yang sukses disaksikan oleh juta-an pasang mata calon konsumen setia. Tapi, efektivitas dari kampanye itu ialah di atas semuanya. Buat beberapa orang, kampanye yang sukses menurut mereka ialah kampanye yang sukses jadi viral di media sosial. Walau sebenarnya, pernyataan itu tidak seutuhnya benar. Sebab, iklan viral tidak bisa jadikan tolok ukur keberhasilan.

Sia-sia kampanye Kamu jadi viral tapi banyak audience yang malah konsentrasi pada aksesori simpatisan pada video iklan Kamu yang malah menaklukkan jumlahnya penjualan produk yang diiklankan. Oleh karenanya, efektivitas lebih penting daripada jumlahnya audience. Kamu yang ingin kampanye sukses, lihatlah komponen basic dari kampanye untuk produk Kamu di bawah ini:

1. Sasaran 

Sebelum Kamu jalankan jasa kampanye online produk, yakinkan terlebih dulu sasaran audience yang ingin Kamu temukan. Jadi contoh, saat Kamu ingin mengiklankan produk untuk anak kecil, pasti Kamu harus pilih waktu yang pas supaya kampanye Kamu sesuai dengan sasaran. Seperti Kamu mengiklankan produk Kamu di TV di hari minggu pagi waktu stasiun TV menyiarkan acara kartun yang memang diutamakan untuk beberapa anak.

Bikinlah demografi sasaran audience serta sasaran konsumen setia Kamu untuk memperoleh data dan hasil kampanye yang optimal. Tanpa ada data itu Kamu tidak bisa mempunyai sasaran audience yang pas.

2. Pembeda 

Terdapat beberapa produk yang sama juga dengan yang Kamu menawarkan, tapi hal itu bukan fakta untuk kampanye Kamu yang tidak berhasil. Untuk menghadapi keadaan itu, bikinlah pembeda dari produk Kamu.

Misalnya, sabun bersihkan yang dibikin oleh satu perusahaan tapi dengan merek berlainan, kenapa semasing merek yang mereka jual mempunyai konsumen setia? Jawabannya ialah ketidaksamaan yang ditawarkan oleh perusahaan untuk semasing merek itu.

3. Basis 

Tiap orang mempunyai rutinitas berlainan, beberapa senang membaca koran, beberapa senang melihat TV serta sebagiannya habiskan waktu di muka monitor laptop atau smartphone. Bikinlah ketetapan basis mana yang akan Kamu pakai sesuai produk Kamu. Kamu butuh lakukan analisa untuk cari tahu skema sasaran konsumen setia Kamu pada semasing basis. Ini butuh dikerjakan supaya iklan Kamu bisa diterima secara baik oleh audience Kamu.

4. Arah/tujuan kampanye 

Dalam tiap kampanye pasti perusahaan mempunyai beberapa arah berlainan. Beberapa kampanye cuma hanya untuk memberikan pengetahuan pada konsumen setia, beberapa memberi penawaran serta beberapa mempropagandakan prestasi yang didapatkan oleh merek.

Tetapkan arah itu sebelum Kamu mulai jalankan kampanye. Sebab dari arah ini nanti Kamu bisa membuat taktik yang paling cocok untuk kampanye Kamu.

5. Test serta hasil kampanye 

Hal paling akhir yang perlu Kamu kerjakan untuk sampai keberhasilan pada kampanye ialah kumpulkan data dari kampanye-kampanye yang sudah Kamu kerjakan. Data yang Kamu punya jadi referensi untuk bikin taktik kampanye baru atau retargetting audience supaya kampanye seterusnya memperoleh hasil yang lebih baik.

0 komentar: